by

Peringati Hari Pahlawan, Bupati Lingga Ziarah Ke Makam Sultan Mahmud Riayat Syah III.

InDepthNews.id (Lingga) – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke76 tahun 2021, Bupati Kabupaten Lingga, Muhammad Nizar berziarah ke Makam Sultan Mahmud Riayat Syah III, yang berada tepat dibelakang Masjid Jami’ Sultan Lingga, di Kota Daik.

Sultan Mahmud Riayat Syah III adalah merupakan seorang tokoh dari Kepulauan Riau yang telah dianugerahkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi berdasarkan Keputusan Presiden nomor 115/TK/TAHUN 2017 lalu.

Dalam pandangan Nizar, Sultan Mahmud Riwayat Syah III adalah sosok pejuang. Perjuangan panjang Kabupaten Lingga juga telah mengantarkan beliau menyandang Pahlawan Nasional yang dikenal dengan kehebatannya dalam Gerilya Laut.

“Semangat beliau dulunya membangun kota kecil Daik Lingga menjadi bandar besar, adalah perjuangan kita saat ini bersama-sama saling mendukung, saling membantu, saling mendoakan agar perjuangan membangun daerah semankin nyata, maju dan sejahtera,” ungkap Nizar

Dia pun berharap semangat juang Sultan Mahmud Riwayat Syah III dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk kita memotivasi diri, untuk bisa menjadi pahlawan untuk diri kita, untuk orang lain, daerah dan negara.

“Mari kita jadikan semangat juang beliau sebagai inspirasi kita memotivasi diri, untuk bisa menjadi pahlawan untuk diri kita, untuk orang lain, daerah dan negara,” tutup Nizar.

Sebagai informasi, Paduka Sri al-Wakil al-Imam Sultan Mahmud Riayat Syah Zilullah fil-Alam Khalifat ul-Muminin ibni al-Marhum Sultan Abdul Jalil Syah atau lebih dikenal dengan Sultan Mahmud Syah III adalah Sultan dan Yang di-Pertuan Besar Johor-Pahang-Riau-Lingga ke-15 yang memerintah dari tahun 1770 sampai 1811. Lahir Tanjungpinang, 24 Maret 1756 dan Meninggal di Daik 12 Januari 1812.

(Abu)

Comment

News Feed