Bakal Kawal Suara AMIN, Ratusan Relawan Gelar Deklarasi Gerakan Rakyat Kawal TPS

InDepthNews.id (Makasar) – Ratusan relawan pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) di Sulawesi Selatan menyatakan sikap untuk mengawal suara AMIN di setiap TPS pada Pilpres 14 Februari nanti.

Pernyataan sikap mereka tertuang dalam deklarasi Gerakan Rakyat Kawal TPS yang digelar di Posko Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan di Jalan Monginsidi Nomor 14 Makassar, Senin (05/02/2024).

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Kapten Timnas Pemenangan Nasional (Timnas) AMIN Sudirman Said, Kepala Deputi Saksi dan Pengorganisasian Timnas AMIN Tamsil Linrung, Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid dan Muhammad Ramli Rahim (MRR) serta sejumlah personil Timnas AMIN.

Acara diawali dengan sambutan dari Sudirman Said yang juga dikenal sebagai motor Gerakan Rakyat untuk Perubahan.

Gerakan Rakyat (GR) sendiri merupakan inisiatif untuk menyatukan gerak simpul-simpul relawan AMIN ke dalam sebuah wadah bersama yang terstruktur secara nasional hingga ke Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“Sulawesi Selatan, khususnya Makassar adalah salah satu daerah yang relawannya sangat aktif dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia,” kata Sudirman Said disambut aplaus meriah relawan yang memenuhi Posko GR Sulsel.

Mantan Menteri ESDM era Kabinet Kerja 2014-2016 itu menyebut, perjuangan mewujudkan perubahan bagi bangsa akan memasuki tahap puncak, yakni pemungutan suara di TPS.

“Semua ikhtiar kita akan bermuara pada Pilpres pada 14 Februari nanti. Kita yakin AMIN akan menang dan karenanya, maka suara AMIN harus terus dikawal sampai benar-benar aman dan tidak dicurangi oleh pihak lain,” sambung Sudirman.

Salah satu ikhtiar mengawal suara AMIN menurut Sudirman adalah dengan ikut serta mengawasi proses pemungutan hingga penghitungan suara di setiap TPS.

“Gerakan Rakyat Kawal TPS adalah bentuk usaha kita semua untuk menjaga perolehan suara AMIN agar tidak diganggu atau dicurangi pihak lain. Insya Allah AMIN akan memenangkan Pilpres ini,” tegas Sudirman disambut pekikan AMIN dari para relawan.

Deklarasi Gerakan Rakyat Kawal TPS ditandai dengan pembacaan ikrar relawan yang dipimpin oleh Koordinator Presidium Provinsi Gerakan Rakyat Sulsel Asri Tadda, diikuti oleh aemua yang hadir.

Setidaknya terdapat tiga poin dalam pernyataan deklarasi tersebut, antara lain:

Pertama, bahwa Pemilu adalah sarana demokratis untuk memilih dan menentukan masa depan bangsa dan negara Indonesia.

Kedua, bahwa kewajiban negara dan juga rakyat Indonesia untuk menjaga harkat dan martabat Pemilu agar berlangsung jujur dan adil.

Ketiga, sebagai manifestasi menjaga proses Pemilihan Umum yang bersih dan bermartabat, maka relawan mendeklarasikan Gerakan Rakyat Kawal TPS.

Dengan deklarasi ini, maka seluruh relawan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) ditugaskan untuk menjadi pemantau atau sebagai saksi luar di TPS masing-masing.

“Setelah deklarasi ini, seluruh relawan sudah harus siap turun ke TPS masing-masing untuk menjalankan tugas mengawal dan menjaga suara AMIN pada Pilpres 14 Februari nanti,” tegas Asri selepas deklarasi.

Asri yang juga Kepala Deputi Saksi dan Pengorganisasian TPD AMIN Sulsel mengatakan, semua relawan akan diberikan surat tugas darimu Timnas AMIN sebagai wujud pengakuan eksistensi mereka dalam proses Pemilu nanti.

“Insya Allah semua relawan yang tidak menjadi saksi dalam, akan diberikan surat tugas dari Satgas Saksi Timnas AMIN untuk menjadi pemantau atau saksi luar di TPS yang ditunjuk,” pungkasnya. (Asri T)

Comment